Medical CheckUp

Medical check up adalah kebutuhan primer.

Kesehatan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang, karena semua aktivitas kehidupan kita bergantung pada kondisi tubuh yang sehat. Gangguan kesehatan dapat timbul karena pola hidup, faktor makanan, pengaruh lingkungan atau karena faktor keturunan.

Ibarat pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati” alangkah baiknya bila kita bisa mengantisipasi gangguan kesehatan dan melakukan upaya-upaya yang benar dalam mencegah timbulnya gangguan kesehatan itu. Penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, paru, diabetus mellitus (kencing manis) dan ginjal pada dasarnya dapat di deteksi secara dini, dan bila sudah terdeteksi maka masih banyak cara agar penyakit tersebut tidak timbul atau bahkan tidak menjadi lebih berat.

Bagaimana kita dapat mengetahui, apakah kondisi tubuh kita sehat atau tidak? Kita tidak dapat mengukurnya hanya dari diri kita sendiri yang merasakan tidak adanya keluhan, ataupun dari bagian tubuh kita yang terasa sakit. Banyak penyakit yang tidak menimbulkan gejala apapun pada awalnya, dan ternyata saat terdeteksi, sudah terlambat dan menjadi sulit untuk disembuhkan.

Disini lah manfaat utama dari dilakukannya medical check up, untuk mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengobatan selanjutnya.

Pemeriksaan laboratorium untuk medical check up antara lain;

  • Pemeriksaan darah rutin, untuk mengetahui adanya kelainan darah seperti anemia (kurang darah), adanya infeksi atau kelainan leukosit (sel darah putih) yang lain, alergi dan gangguan pembekuan darah akibat kelainan jumlah trombosit.
  • Pemeriksaan panel lipid, seperti kolesterol total, hdl, ldl, trigliserid dapat melihat faktor risiko penyakit jantung.
  • Pemeriksaan urin rutin merupakan suatu bagian yang sangat penting dari medical check up setiap orang. Dari hasil pemeriksaan urin dapat diperkirakan kemungkinan adanya kelainan baik yang mengenai ginjal, saluran kemih maupun di luar ginjal saluran kemih.
  • Pemeriksaan darah untuk screening awal penanda berbagai jenis kanker yaitu pemeriksaan petanda tumor (tumor marker).